MINYAK BUAH MERAH PAPUA ASLI

MINYAK BUAH MERAH

Buah merah ( Pandanus Conoideus Lam ) pada awalnya adalah tumbuhan liar yang tumbuh menyebar hampir diseluruh wilayah Papua. Namun populasinya paling banyak dijumpai di wilayah pegunungan Jayawijaya (Wamena dan Tolikara), Jayapura, Monokwari, Nabire, Timika, dan Ayamaru Sorong.

Secara turun temurun masyarakat Papua telah mengenal tanaman ini sebagai bahan pangan dan pewarna alami. Disamping itu mereka juga pergunakan tumbuhan jenis pandan-pandanan ini sebagai obat jika  mereka sakit.  Tampak dari kondisi fisik masyarakat papua yang begitu kuat merupakan salah satu efek dari mengkonsumsi Minyak Buah Merah.

Di wilayah papua sebenarnya tumbuh sekitar 30 kultivar buah merah, namun yng memiliki nilai ekonomis hanya 4 kultivar. Ukuran panjang buah merah sekitar 100 cm, dengan diameter 18 cm dan bobotnya sekitar 7,5 kg. ciri khasnya yang paling dominan adalah warna merahnya yang menandai bahwa kandungan beta-karoten nya sangat tinggi. Tumbuh pada ketinggian 2000 diatas permukaan laut dan suhu dibawah 200 C.

RISET ILMIAH MINYAK BUAH MERAH

Fakta bahwa secara testimonial Minyak Buah Merah banyak mengobati penduduk Papua dan stamina mereka tidak perlu diragukan lagi. Kemampuan mereka untuk dapat naik turun gunung dan menjelajahi hutan setiap hari menarik perhatian Drs I made budi untuk melakukan pengujian kandungan dari Minyak Buah Merah. Dan dari hasil riset ditemukanlah senyawa aktif dalam Minyak Buah Merah, yaitu antara lain :

SENYAWA AKTIFKANDUNGAN
Total Karotenoid
Total Tokoferol
Betakaroten
Alfa tokoferol
Asam oleat
Asam Linoleat
Asam Linolenat Dekanoat
12.000 ppm
11.000 ppm     
700 ppm     
500 ppm        
58 %       
8,8 %       
7,8 %       
2,0 %      

                                    Sumber : Trubus, Januari 2005

Dengan kandungan karoten, tokoferol dan betakaroten yang tinggi Minyak Buah merah sangat baik sebagai antioksidan yang mampu menetralisir radikal bebas pemicu timbulnya berbagai penyakit. Betakaroten berfungsi memperlambat penumpukan flek pada aliran darah arteri, dan tokoferol dapat menurunkan kolesterol jahat ( LDL ) dan meningkatkan HDL. Kandungan asam lemak yang tinggi terutama omega 3 dan 9 di dalam minyak buah merah sangat membantu proses penyembuhan berbagai penyakit dan dapat bersifat antibiotik dan antivirus dengan cara melemahkan dan meluruhkan membram lipida virus sehingga dapat menghambat dan menekan perkembangannya. Kandungan protein dengan asam lemak tak jenuh yang mudah dicerna dapat memperlancar metabolisme serta dapat meregenerasi sel-sel yang rusak dengan cepat.

Minyak buah merah telah teruji memiliki  kemampuan sebagai anti iritasi/ infeksi, terbukti dengan eritema alias kemerahan pada kulit, eschar atau luka dan pembentukan udem atau pembengkakan dapat dihilangkan dengan pemberian Minyak Buah merah.karena kemampuannya juga sebagai anti inflamasi.

Mengkonsumsi minyak buah merah telah teruji tidak menimbulkan efek samping yang berarti selama diproses dengan cara yang benar dan murni, tidak dicampur dengan minyak jenuh (minyak goreng).

PROSES PENGOLAHAN

Pada saat pengolahan Minyak Buah Merah harus juga diperhatikan temperaturnya karena temperatur berlebih akan menyebabkan kadar peroksida meningkat.  Bapak Hendro sangat memperhatikan akan hal ini karena proses yang tepat akan menghasilkan Minyak Buah Merah yang sangat berkualitas. Standar bahan baku yang dipakai adalah menggunakan buah merah dari dataran tinggi diatas 2000 m dari permukaan laut bukan dari dataran rendah, dan memastikan usia buah antara 4-6 bulan karena jika telah matang maka kandungan senyawa aktifnya tinggi dan lengkap.

Metode pengolahan pun telah melalui pengujian baik oleh apoteker maupun lembaga penelitian ( LIPI ) serta pengolahan dilakukan secara bertahap dengan system yang higienis dan panas yang stabil agar tidak merusak kandungannya. Pada proses akhir yaitu penyaringan, dilakukan 3 kali penyaringan untuk memastikan hanya minyaknya yang ditampung, tidak lagi mengandung ampas.

Ditahap akhir  kemudian dikemas apik dengan botol  dan box untuk melindungi dari cahaya matahari yang dapat merusak kandungan betakaroten minyak buah merah.

Sebelum beredar luas dimasyarakat, Buah Merah yang kami produksi telah melewati pengujian akhir oleh Badan Pengawas Obat  dan makanan dan memperoleh ijin dengan Nomor Registrasi  POM TR 073 671 731 untuk yang cair dan POM TR 051 345 241 untuk yang berbentuk softgel.

KHASIAT MINYAK BUAH MERAH

  1. Mencegah penyakit degeneratif seperti kanker, tumor, stroke,dan penyakit jantung
  2. memperbaiki system kekebalan tubuh
  3. meningkatkan stamina dan vitalitas
  4. memperbaiki system pencernaan
  5. sangat baik untuk kesehatan mata karena tingginya pro-vitamin A
  6. menetralisir zat-zat radikal bebas
  7. turunkan kolesterol LDL dan meningkatkan HDL
  8. menghambat pertumbuhan sel kanker
  9. memperlancar proses metabolisme tubuh
  10. meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan dari sakit

PETUNJUK PEMAKAIAN :

“Minyak Buah Merah” diminum langsung

▪  Untuk pengobatan minumlah secara teratur 2 -3 kali sehari 1 sendok makan.

▪  Untuk pencegahan, meningkatkan stamina  dan cape – cape, pegal linu serta menyegarkan badan cukup 1 kali sehari 1 sendok makan.

▪  Untuk anak – anak dibawah 10 tahun setengah dari takaran orang dewasa.

Sebelum minum dianjurkan untuk meminum seteguk air putih dan begitupun sesudahnya. Sebaiknya diminum setelah makan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *